Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

TAFSIR KALIMAT LAATA , UZZA, DAN MANAH

بسم الله الرحمن الرحيم

Laata , Uzza dan Manah adalah nama-nama tempat kramat atau sesembahan yang sangat di istimewakan oleh seluruh masyarakat Arab Jahilyah . Dan mereka menganggapnya sebagai anak-anak perempuan Allah I( dewi-dewi ) . Dan ada pula yang menyebutkannya dengan sebutan tiga dewi arab kuno. 


 

Dalam surat An-Najm Allah I menyebutkannya dalam firman-Nya :

) أَفَرَأَيْتُمُ اللاتَ وَالْعُزَّى. وَمَنَاةَ الثَّالِثَةَ الأخْرَى. أَلَكُمُ الذَّكَرُ وَلَهُ الأنْثَى. تِلْكَ إِذًا قِسْمَةٌ ضِيزَى. إِنْ هِيَ إِلا أَسْمَاءٌ سَمَّيْتُمُوهَا أَنْتُمْ وَآبَاؤُكُمْ مَا أَنزلَ اللَّهُ بِهَا مِنْ سُلْطَانٍ  ( [النجم: 19-23].

" Maka apakah patut kamu (hai orang-orang musyrik) menganggap Al Lata dan Al Uzza . dan Manah yang ketiga, yang paling terkemudian (sebagai anak perempuan Allah)? . Apakah (patut) untuk kamu (anak) laki-laki dan untuk Allah (anak) perempuan? . Yang demikian itu tentulah suatu pembagian yang tidak adil. Itu tidak lain hanyalah nama-nama yang kamu dan bapak-bapak kamu mengada-adakannya; Allah tidak menurunkan suatu keterangan pun untuk (menyembah) nya. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti sangkaan-sangkaan, dan apa yang diingini oleh hawa nafsu mereka, dan sesungguhnya telah datang petunjuk kepada mereka dari Tuhan mereka. ( QS. An-Najm 19-23 )" .

Dalam ayat ini di sebutkan tiga nama sesembahan kaum musyrikin, yaitu : Al-Lata , Al-Uzza dan Manah .

Al-A'mash berkata: " Mereka menamakannya Laata , bentuk perempuan dari kalimat Ilah , adapun Uzza dari Aziz ".

Ibnu Jarir berkata : " Nama-nama tsb mereka ambil dari suku kata nama-nama Allah Ta'ala , maka mereka mengatakan Laata adalah nama perempuan dari Allah , maha suci Allah dari apa-apa yang mereka katakan . Begitu pula kata Uzza dari Aziz .

Masing-masing nama tsb merepresentasikan jenis dan katagori sesembahan pada masa itu . Pertama : Dewi Laata , merepresentasikan batu tapakan dan kuburan orang shaleh. Kedua Dewi Uzza merepresentasikan berhala berbentuk 3 Pohon. Ketiga : Dewi Manah , merepresentasikan berhala yang berbentuk Patung . Berikut ini rincian pembahasannya :

Siapakah atau apakah hakikat Laata , Uzza dan Manah itu ? Berikut ini Rinciannya.

Selanjutnya: >> LAATA adalah Nama Batu Tapakan Atau Kuburan Orang Saleh

Posting Komentar

0 Komentar