Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BISAKAH SYAIR ABU THALIB DIJADIKAN DALIL SHOLAWAT NAARIYAH?

Di Tulis Oleh Abu Haitsam Fakhry
Di kutip dari buku”Mari Bertawassul”Karya Abu Haitsam Fakhri

KAJIAN NIDA AL-ISLAM




بسم الله الرحمن الرحيم


Imam al-Bukhori dalam Shahihnya meriwayatkan dengan sanad nya:

Telah menceritakan kepada kami 'Amru bin 'Ali berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Qutaibah berkata, telah menceritakan kepada kami 'Abdurrahman bin 'Abdullah bin Dinar dari Bapaknya berkata:

سَمِعْتُ ابْنَ عُمَرَ - رضي الله عنهما - يَتَمَثَّلُ بِشِعْرِ أَبِي طَالِبٍ:


وَأَبْيَضَ يُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِه * ثِمَالُ الْيَتَامَى عِصْمَةٌ لِلْأَرَامِل


"Saya mendengar Ibnu Umar رضي الله عنهما mempresentasikan syair Abu Thalib:

' Semoga awan putih diturunkan menjadi hujan dengan wajahnya (yakni: wajah Muhammad صلى الله عليه وسلم . Pen). Untuk menolong anak-anak yatim dan melindungi janda janda '."

(HR. Bukhari di Sahihnya Bab Istisqa'1/432 no. 953, 963)

Dalam riwayat lain masih dari Abdullah bin Umar رضي الله عنهما, dia berkata:

رُبَّمَا ذَكَرْتُ قَوْلَ الشَّاعِرِ وَأَنَا أَنْظُرُ إِلَى وَجْهِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم يَسْتَسْقِي فَمَا يَنْزِلُ حَتَّى يَجِيشَ كُلُّ مِيزَابٍ:


وَأَبْيَضَ يُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِه * ثِمَالُ الْيَتَامَى عِصْمَةٌ لِلْأَرَامِل

وَهُوَ قَوْلُ أَبِي طَالِبٍ.


“Sering saya mengingat perkataan seorang penyair sambil saya memandang wajah Rasulullah صلى الله عليه وسلم  saat beliau sedang memohon hujan, dan belum lagi beliau turun (dari mimbarnya) akan tetapi tiap-tiap saluran (solokan) sudah mengalir deras:

'Awan putih semoga diturunkan menjadi hujan dengan wajahnya, untuk menolong anak-anak yatim dan melindungi para janda.'

Syair itu adalah perkataan Abu Thalib (paman Nabi صلى الله عليه وسلم )."

(HR. Bukhori secara Mu'allaq (tanpa sanad), akan tetapi Ibnu Majah 1/405, Imam Ahmad 9/485 dan Baihaqi 3/352 telah meriwayatkannya dengan sanad muttasil (nyambung). Dan Hadits ini di hasankan oleh Albany di Sahih Ibnu Majah no. 1050).

DALIL YANG BISA DI AMBIL DARI HADITS INI


Orang-orang yang menganjurkan membaca sholawat Naariyah, yang sebagian isinya adalah bertawassul dengan Nabi صلى الله عليه وسلم  setelah wafat, mereka berdalil dengan hadits ini, dengan mengatakan:

  1. Pertama:”Dalil yang bisa di ambil dari hadits di atas: bahwa dahulu sebagian para sahabat berdoa kepada Allah sambil memandang wajah Rasulullah صلى الله عليه وسلم  dengan harapan agar doanya dikabulkan. Maka ini adalah salah satu bentuk tawassul, yaitu dengan menjadikan pandangan kepada wajah Rasulullah صلى الله عليه وسلم  sebagai perantara (wasilah) dikabulkannya doa”.
  2. Kedua: dari Hadits ini ada sebagian para ulama yang menciptakan sebuah sholawat yang terkenal di Indonesia dengan nama”SHOLAWAT NAARIYAH”.


Cuma ada perbedaan: kalo dalam hadits Ibnu Umar رضي الله عنهما diatas tawassul dgn Nabi nya ketika beliau masih hidup dan hadir ditempat, sementara dalam sholawat Nariah itu munculnya dan diamalkannya ketika beliau صلى الله عليه وسلم sudah wafat.

Lafadz sholawat NAARIYAH


اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَماً تَامّاً عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ، وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ، وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ، وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ، فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ


Artinya:”Ya Allah, limpahkanlah sholawat dengan sholawat yang sempurna, dan limpahkanlah salam dengan salam yang sempurna untuk baginda kami Muhammad, yang dengan beliau bisa terurai semua ikatan (kesulitan), hilang semua kesedihan, terpenuhi semua kebutuhan, tercapai semua keinginan dan husnul khootimah (berakhir dengan yang baik), serta awan diturunkan menjadi hujan dengan wajahnya yang mulia, dan semoga sholawat dan salam dilimpahkan pula untuk segenap keluarga dan sahabatnya dalam setiap kedipan mata dan hembusan nafas, bahkan dalam semua bilangan yang diketahui oleh Engkau."

Berikut ini kutipan dari: Jakarta, NU Online

“Sebagian kalangan mempertanyakan dan bahkan menuding tak berdasarnya Shalawat Nariyah yang akan dibacakan warga NU pada malam peringatan Hari Santri Nasional 22 Oktober mendatang. Pokok persolannya, menurut mereka adalah tidak diketahui pengarangnya.

Dewan Pakar Aswaja NU Center Jawa Timur KH Ma’ruf Khozin mengatakan, jika beralasan karena ketidakjelasan siapa pengarangnya, maka Mufti Mesir, Syaikh Ali Jumah yang digelari ‘Allaamah Ad-Dunya, mendapat sanad yang sempurna dari gurunya Syaikh Abdullah al-Ghummaar. Syaikh Abdullah al-Ghummaar ini, menurut Ma’ruf, adalah seorang ahli hadits dari Maroko, yang sampai kepada muallif (pengarang) Shalawat Nariyah Syaikh Ahmad At-Tazi al-Maghribi (Maroko).

“Kesemuanya secara musyafahah, menyampaikan bacaan shalawat tersebut dari guru kepada muridnya secara langsung,”katanya kepada NU Online melalui surat elektronik, Rabu (28/9).

Sementara nama Shalawat Nariyah, ada kalangan alergi dengan ‘nar’ yang memang populer dengan sebutan Nariyah. Sebagian orang menganggap bahwa makna ‘nar’ adalah neraka, ‘iyah’ adalah pengikut, yang disimpulkan‘pengamal nariyah’ adalah pengikut ahli neraka. Maka, hal itu sangat tidak tepat.

Perhatikan dalam Al-Qur’an berikut ini:

إِذْ رَأَىٰ نَارًا فَقَالَ لِأَهْلِهِ امْكُثُوا إِنِّي آنَسْتُ نَارًا لَعَلِّي آتِيكُمْ مِنْهَا بِقَبَسٍ أَوْ أَجِدُ عَلَى النَّارِ هُدًى


“Ketika ia (Musa) melihat api, lalu berkatalah ia kepada keluarganya:”Tinggallah kamu (di sini), sesungguhnya aku melihat api, mudah-mudahan aku dapat membawa sedikit daripadanya kepadamu atau aku akan mendapat petunjuk di tempat api itu". (QS. Thaha: 10)

Menurut Syaikh Abdullah al-Ghummaari, penamaan dengan Naariyah (النارية) karena terjadi tashif (تصحيف) atau perubahan dari kata yang sebenarnya taaziyah (التازية). Sebab keduanya memiliki kemiripan dalam tulisan Arab, yaitu النارية dan التازية yang berbeda pada titik huruf.

Di Maroko sendiri shalawat ini dikenal dengan shalawat Taaziyah, sesuai nama kota pengarangnya. Sementara dalam kitab Khazinatul Asrar, sebuah kitab yang banyak memuat ilmu tasawuf dan tarekat karya Syaikh Muhammad Haqqi Afandi An-Naazili, disebutkan bahwa Syaikh Al-Qurthubi menamai shalawat ini dengan nama Shalawat Tafriijiyah (تفريجية), yang diambil dari teks yang terdapat di dalamnya yaitu (تنفرج).

Demikian halnya Syaikh Yusuf bin Ismail An-Nabhaani menyebut dengan nama shalawat At-Tafrijiyah dalam kitabnya Afdlal ash-Shalawat ala Sayidi as-Sadat pada urutan ke 63.

Sumber: https://www.nu.or.id/post/read/71602/apa-dan-siapa-pengarang-shalawat-nariyah


BANTAHAN


BANTAHAN PERTAMA:


Kami setuju dengan kesahihan hadist ini, namun hadist ini sama sekali tidak menunjukkan pensyariatan tawassul dengan Nabi صلى الله عليه وسلم  setelah wafat atau saat beliau tidak hadir ditempat atau di kuburannya. Yang benar hadist tsb menunjukkan pensyariatan tawassul dengan doa Nabi صلى الله عليه وسلم  saat beliau masih hidup dan beliaupun hadir bersamanya.

Tidak diragukan akan di syariatkannya tawassul seperti yang terdapat dalam hadist ini, karena ini adalah tawassul dengan mengamini doa Nabi صلى الله عليه وسلم  semasa hidupnya sambil memandangi wajahnya.

Akan tetapi setelah Nabi صلى الله عليه وسلم  wafat mereka para sahabat bertawassul dengan pamannya Abbas رضي الله عنه dalam beristisqo. Mereka tidak melakukan tawassul dengan Nabi صلى الله عليه وسلم  setelah beliau wafat atau saat beliau tidak hadir ditempat atau di kuburannya atau kuburan selainnya. (Lihat Majmu Fatawa 27/86 dan 153).

Ibnu Hajar al-'Asqalany dalam Fathul Bary 2/496 menukil ucapan As-Suhaily:

“Jika di tanyakan: kenapa Abu Tholib (paman Nabi صلى الله عليه وسلم ) melantunkan (syair): 'Semoga awan dijadikan hujan dengan wajahnya ' sementara dia (Abu Tholib) sama sekali belum pernah melihatnya (Nabi صلى الله عليه وسلم ) beristisqo karena kejadian Nabi صلى الله عليه وسلم  beristisqo itu setelah hijrah?

Hasil jawabannya adalah: bahwa Abu Tholib mengisyaratkan sesuatu yang pernah terjadi pada zaman Abdul Mutholib (kakek Nabi صلى الله عليه وسلم ) ketika dia berostisqo untuk kaum Qureish, sementara Nabi صلى الله عليه وسلم  bersamanya masih kanak-kanak”.

Kemudian Ibnu Hajar menambahinya dengan perkataan:

“Dan ada kemungkinan Abu Tholib bermaksud memujinya dengan ucapan tsb, dikarenakan dia telah melihat banyak pertanda-pertanda dalam dirinya (Nabi صلى الله عليه وسلم ), meski dia belum melihat kejadiannya”.


BANTAHAN KEDUA


Jawaban para Ulama al-Lajnah ad-Daa’imah”اللجنة الدائمة للبحوث والإفتاء”ketika di tanya tentang sholawat Naariyah:

Mereka menjawab: “Alhamdulillah.”

Pertama: Kalimat yang telah disebutkan di atas sebenarnya sudah jelas, akan tetapi tidak mengapa dijelaskan lagi lebih banyak;

a. [تنحل به العقد yang artinya: Dengannya (Nabi صلى الله عليه وسلم ) simpul akan terurai]. Maksudnya bahwa orang tersebut akan mendapatkan jalan keluar dari kesulitan yang dihadapinya atau dari perkara yang sulit dia pecahkan. Boleh juga dimaknai sebagai:”yang dapat meredam kemarahan”.

b. [تتفرج به الكرب yang artinya: Dengannya (Nabi صلى الله عليه وسلم ) Kepedihan akan sirna]. Maksudnya adalah hilangnya kesedihan dan kegundahan akan sirna dari dalam jiwa.

c. [تقضى به الحوائج yang artinya: Dengannya (Nabi صلى الله عليه وسلم ) Kebutuhan akan dipenuhi]. Maksudnya adalah bahwa dia akan mendapatkan apa yang dia inginkan dan dia upayakan.

d. [تنال به الرغائب وحسن الخواتيم yang artinya: Dengannya (Nabi صلى الله عليه وسلم ) Keinginan tercapai dan akhir kehidupan yang baik]. Maksudnya adalah cita-citanya terwujud, baik di dunia atau akhirat. Di antaranya mendapatkan akhir kehidupan yang baik.

e. [يستسقى الغمم بوجهه الكريم yang artinya: Awan dimintakan agar turun hujan dengan wajahnya (Nabi صلى الله عليه وسلم ) yang mulia]. Maksudnya adalah berdoa dengannya agar diturunkan hujan.

Kedua: Apa yang dikatakan sebagian orang kepada anda bahwa shalawat ini tidak mengandung kesyirikan dan karenanya boleh terus dibaca dan seterusnya, adalah batil, karena shalawat ini mengandung beberapa penyimpangan syariat yang sangat jelas, di antaranya ;

a. Shalawat ini dibaca ketika terjadi musibah. Ini merupakan cara mengada-ada membuat sebab dalam melakukanibadah.

b. Jumlah bacaannya ditentukan 4444 kali. Inipun jumlah yang dibuat-buat dalam melakukan ibadah.

c. Membacanya dilakukan secara berjamaah. Ini juga merupakan cara mengada-ada dalam teknik membacanya dalam ibadah.

d. Di dalamnya terdapat penyimpangan syariat dan syirik serta sikap berlebih-lebihan terhadap Nabi صلى الله عليه وسلم  serta menyandarkan perbuatan kepadanya yang tidak boleh diberikan kecuali kepada Allah Ta'ala, seperti memenuhi berbagai keinginan, menyelesaikan problem, meraih keinginan, husnul khotimah. Padahal Allah telah memerintahkan Nabi-Nya untuk berkata,”Katakanlah, sungguh aku tidak memiliki bahaya dan petunjuk bagi kalian."

e. Padanya terdapat tindakan meninggalkan syariat kemudian mengada-ada shalawat dan doa dari dirinya sendiri. Sikap ini mengandung tuduhan terhadap Nabi صلى الله عليه وسلم  lalai menjelaskan apa yang dibutuhkan manusia. Hal ini berarti menambah syariatnya.

Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda:

مَنْ أَحْدَثَ فِيْ أَمْرِنَا هذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ.


"Siapa yang mengada-ada dalam perkara (agama) kami yang tidak bersumber darinya, maka dia tertolak."

(HR. Bukhari, no. 2550, Muslim, no. 1718. Dalam riwayat Muslim, no. 1718 disebutkan:

مَنْ عَمِلَ عَمَلًا لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ


'Siapa melakukan amalan yang tidak bersumber dari ajaran kami, maka dia tertolak.') [Selesai kutipan fatwa al-Lajnah ad-Daaimah].

Ibnu Rajab Hambali rahimahullah berkata:
 
"Ini merupakan salah satu prinsip Islam yang sangat agung. Dia bagaikan barometer untuk menetapkan amal secara dzahir, sebagaimana hadits: 'Setiap amal ditentukan berdasarkan niat' merupakan barometer untuk menentukan amal secara batin.

Maka sebagaimana amal yang tidak ditujukan karena Allah, maka pelakunya tidak mendapatkan pahala, begitupula amal yang dilakukan tidak berdasarkan ajaran dari Allah dan Rasul-Nya, maka dia tertolak dari pelakunya. Semua yang mengada-ada dalam agama dengan sesuatu yang tidak Allah dan Rasul-Nya ajarkan, maka dia bukan termasuk agama sama sekali.”(جامع العلوم والحكم 1/180 karya Ibnu Rajab)

Imam Nawawi rahimahullah berkata,

"Hadits ini merupakan salah satu landasan Islam yang sangat agung. Dia termasuk Jawamiul Kalim Rasulullah صلى الله عليه وسلم  (ucapan yang sedikit namun mengandung makna yang dalam) Karena di dalamnya mengandung penegasan yang menolak segala bidah dan tindakan mengada-ada.

Dalam riwayat kedua terdapat tambahan. Maksudnya, boleh jadi seseorang melakukan bidah yang sudah dilakukan sebelumnya.

Maka jika disampaikan kepadanya dalil:

مَنْ أَحْدَثَ فِيْ أَمْرِنَا هذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ.


"Siapa yang mengada-ada dalam perkara (agama) kami yang tidak bersumber darinya, maka dia tertolak."

Dia akan berkata:”Saya tidak mengada-ada perbuatan (karena sudah ada yang melakukannya sebelumnya)”.

Maka orang seperti ini diberikan dalil:

مَنْ عَمِلَ عَمَلًا لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ


"Barangsiapa yang melakukan suatu amalan yang tidak kami perintahkan, maka ia tertolak.”

Yang padanya terdapat penegasan menolak semua bentuk bid'ah, apakah pencetusnya orang tersebut atau telah ada sebelumnya orang yang melakukannya.

Hadits ini layak dihafal dan digunakan untuk membantah kemungkaran dan sering-sering berdalil dengannya.” (Syarah Sahih Muslim, 12/16 karya an-Nawawi)

Wallaahu alam.

Posting Komentar

0 Komentar